Kamis, 12 Juni 2014

Sinopsis Film Korea Hope


Pada suatu hari ketika hari sedang hujan, So Won (Lee Re) harus berangkat ke sekolah sendiri teman2nya telah berangkat lebih dulu. Letak sekolahannya tidak jauh dari rumahnya, ibunya Mi Hee (Uh Ji Won) tidak bisa mengantarnya berangkat karena harus menjaga toko di rumahnya. Sedangkan ayahnya Dong Hoon (Sol Kyung Gu) harus segera berangkat kerja ke pabrik. Kedua orang tua So Won sangat sibuk mencari uang sehingga kurang memperhatikan So Won, akan tetapi So Won tetap menjadi gadis yang ceria dan mengerti dengan keadaan orang tuanya.. Pagi itu hujan turun, ketika dia berangkat sendiri dan telah sampai di depan gerbang sekolah, seorang laki2 tua menghampirinya dan meminta bantuan So Won untuk ikut memakai payungnya... Beberapa jam kemudian, Dong Hoon ayah So Won mendapatkan telepon dari polisi jika anaknya berada di rumah sakit. Dong Hoon dan Mi Hee telah sampai di rumah sakit dan mendengar keterangan jika anaknya menjadi korban pelecehan seksual. Karena terluka sangat parah usus besar dan  usus halusnya harus dipotong dan selama hidupnya So Won harus hidup menggunakan anus buatan... 

So Won tidak hanya mengalami luka fisik, So Won kemudian juga mengalami luka psikis. Setelah kejadian tersebut, dirinya menjadi sangat tertutup dan tidak mau berbicara So Won bahkan tidak ingin bertemu dengan laki2 termasuk ayahnya sendiri.. Keluarganya mencoba segala cara termasuk mendapatkan bantuan dari seorang Psychiatrist Jung-Sook (Kim Hae Sook) untuk memulihkan kembali So Won.. Selain mencoba menyembuhkan trauma So Won, Dong Hoon juga harus berurusan dengan pelaku kejahatan dia berusaha mencari keadilan demi putrinya dan berharap agar pelaku bisa dihukum seberat2nya akan tetapi keadilan tidak akan mudah ia dapatkan karena untuk keadilan itu, dirinya harus merelakan So Won mengingat kembali peristiwa yang membuatnya terluka..










Akhirnya aku menemukan kembali film yang ceritnya sangat luar biasa, film ini tidak henti2nya membuatku meneteskan air mata, sedih banget TT... Nah film ini juga mengambil cerita tentang pelecehan seksual yang dialami anak2 hampir sama dengan Silenced yang dibintangi Gong Yoo yang juga mengambil cerita tentang pelecehan seksual anak hanya saja bedanya di Hope ini lebih menceritakan tentang pengobatan pasca trauma yang dialami si anak sedangkan di Silenced lebih di proses pengadilannya..
Oya akting Kim Sang Ho dan Ra Mi Ran sebagai pemeran pembantu pun patut diacungi jempol, mereka berdua disini akan bermain sebagai seorang sahabat yang akan setia mendampingi dan saling membantu untuk proses penyembuhan So Won.. Ini aku tulis beberapa adegan yang membuat aku nangis di tengah malem:
Pertama, waktu So Won kritis terus bilang sama ayahnya untuk menangkap si penjahat dan sempet2nya So Won khawatir jika dia sakit maka kedua orang tuanya tidak akan bisa bekerja.
Kedua, waktu Ra Mi Ran nengokin Uh JI Won
Ketiga, waktu Young Suk teman So Won nangis keras banget dan nyesel karena pada hari kejadian dia ninggalin So Won jalan sendiri padahal sebenernya dia mau berangkat bareng hanya saja Young Suk jaim...
Keempat, waktu So Won sadar liat pengorbanan ayahnya buat bisa deket lagi dengan So Won sampai di bela2in pakek kostumnya kokomon yang super panas.
dan terakhir, waktu di pengadilan waktu Dong Hoon mau mukul tersangkanya karena hukumannya terlalu ringan, So Won langsung meluk Dong Hoon dan mengajaknya pulang TT... Semuanya sedih dan bikin nangis, bener2 aku rekomendasikan banget untuk ditonton apalagi film ini banyak mendapatkan penghargaan mulai dari pemeran utamanya dan pemeran pembantunya..

Photo:Cre@hancinema.net

6 komentar:

  1. Ini adalah film korea kedua yang bisa membuat saya menangis tersedu-sedu setelah film Miracle in cell no.7... film yang sangat berkesan dan meninggalkan bekas yang mendalam.. bahkan tidak akan bosan sekalipun di tonton berkali-kali... high recommended lah pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju bgt paling suka sama film yg temanya beginian, enggak cuma percintaan bertema monoton komedi romantis..

      Hapus
  2. setuju film nya membuat nangis apalagi pas scene ayah nya ngaku ke anaknya kalau dia itu kokomong


    gan jangan lupa kunjung i blog saya juga http://reviewfilmdanpengetahuan.blogspot.co.id/2017/04/shutter-island.html

    BalasHapus
  3. sepertinya bagus, tapi nyari filmnya susah amat yak

    BalasHapus